Cara Kerja Mesin 4 tak
1. Langkah penghisapan
a) Torak bergerak dari TMA ( Titik Mati Atas ) ke TMB ( Titik Mati Bawah )
b) Katub masuk terbuka, katup buang tertutup
c) Campuran bahan bakar dengan udara yang telah bercampur didalam karburator masuk dan dihisap kedalam silinder.
d) Saat torak berada di TMB katup masuk akan tertutup.
2. Langkah kompresi
a) Torak bergerak dari TMB ke TMA
b) Katup masuk dan buang sama- sama tertutup sehingga gas yang telah dihisap tadi tidak dapat keluar pada waktu ditekan oleh torak, yang mengakibatkan tekanan gas akan naik sambil mengeluarkan panas.
c) Beberapa saat sebelum torak mencapai TMA busi mengeluarkan percikan bunga api listrik.
d) Gas dari bahan bakar yang telah mencapai tekanan tinggi tadi terbakar.
e) Akibat pembakaran bahan bakar tadi,tekanannya akan naik menjadi kira kira 3 kali lipat.
3. Langkah Ekspansi
a) Saat ini kedua katup masih dalam keadaan tertutup
b) Gas yang terbakar tadi dengan temperature dan tekanan tinggi akan mengembang kemudian menekan dan memaksa torak turun kebawah ( dari TMA ke TMA )
c) Saat inilah pertama kalinya tenaga panas atau kalori di ubah menjadi tenaga penggerak.Tenaga ini disalurkan melalui batang penggerak dan oleh poros engkol di ubah menjadi gerak berputar.
4. Langkah pembuangan
a) Katup buang terbuka, katup masuk tertutup
b) Torak bergerak dari TMB ke TMA.
c) Gas – gas sisa pembakaran terdorong oleh torak keluar melalui katup buang menuju udara bebas.
Langkah tersebut berlangsung berulang ulang sehingga memungkinkan untuk mesin bergerak terus menerus, dimana satu siklus sama dengan dua kali putaran poros engkol.
Minggu, 06 Juli 2008
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar