Kopling Primer
Kopling primer berfungsi untuk melayani star jalan, sedangkan kopling skunder berfungsi untuk melayani pengoperan gigi.
Kopling primer terletak pada poros engkol yang terdiri dari :
a) Outer cluth berputar bebas pada poros engkol
b) Inner cluth berputar mengikuti putaran poros engkol
c) Drive plate berupa kanmvas yang terletak pada inner cluth,yang berfungsi sebagai penghubung putaran dari inner cluth ke outer cluth
d) Drive gear sebagai penghubung outer cluth dengan kopling skunder.
Cara kerja kopling primer pada saat berputar stasioner ( lambat ) drive plate belum bekerja,sehingga outer cluth belum berfungsi, namun bila saat mesin mencapai 1400 rpm atau lebih maka drive plte akan mengembang karena adanya gaya sentrifugal sehingga akan merapat ke outer cluth dan outer cluth mulai berfungsi menerima putaran dari poros engkol yang akan meneruskan putaran tersebut ke kopling skunder melalui drive gear.
Minggu, 06 Juli 2008
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar